Cara Membuat Kereta Api Mainan dari Lego Block - DIY

Cara membuat kereta api mainan dari lego block DIY untuk mainan anak-anak sederhana dan mudah dengan ide-ide kreatif. Sebenarnya mainan lego memiliki beberapa ukuran ada yang kecil, sedang dan besar. Bagi yang suka bermain lego block atau disebut juga balok susun, ikuti video tutorial di channel ini ya. Dalam video ini akan berbagi tutorial tentang bagaimana cara membangun kereta api dari lego block. Semoga video ini dapat menghibur, membantu dan bermanfaat bagi yang ingin membuat mainan kereta api dari lego block.

Cara Membuat Kereta Api Mainan dari Lego Block - DIY

Kereta api ialah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api guna membawa kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor pribadi dalam sejumlah unit. Meskipun propulsi historis mesin uap mendominasi, bentuk-bentuk canggih yang sangat umum ialah mesin diesel dan listrik lokomotif, yang disediakan oleh kabel overhead atau rel tambahan.
Sumber energi lain tergolong kuda, tali atau kawat, gravitasi, pneumatik, baterai, dan turbin gas. Rel kereta api seringkali terdiri dari dua, tiga atau empat rel, dengan sebanyak monorel dan guideways maglev dalam campuran.

Cara Membuat Kereta Api Mainan dari Lego Block

Ada sekian banyak  jenis kereta api yang dirancang untuk destinasi tertentu. Kereta api yang terdiri dari kombinasi satu maupun lebih dari lokomotif dan gerbong kereta terpasang, atau sejumlah unit yang digerakkan sendiri (atau kadang-kadang pelatih bertenaga tunggal atau diartikulasikan, disebut suatu kereta mobil).

Sejarah perkeretaapian sama laksana sejarah perangkat transportasi lazimnya yang dimulai dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang melulu terdiri dari satu kereta (rangkaian), lantas dibuatlah kereta kuda yang unik lebih dari satu susunan serta berlangsung di jalur tertentu yang tercipta dari besi (rel) dan disebut sepur. Ini dipakai khususnya di wilayah pertambangan lokasi ada lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.

Setelah James Watt mengejar mesin uap, Nicolas Cugnot menciptakan kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyinggung kendaraan tersebut sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick menciptakan mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada peragaan di depan masyarakat umum.

George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan pacu lokomotif dan dipakai di jalur Liverpool-Manchester. Waktu tersebut lokomotif uap yang dipakai berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan supaya menemukan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan dapat menarik kereta lebih banyak.

Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat sejumlah penemuan perlengkapan listrik yang dibuntuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian dipakai untuk menciptakan trem listrik yang adalahcikal akan kereta api listrik. Kemudian Rudolf Diesel menimbulkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dikomparasikan dengan lokomotif uap.

Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang mempunyai kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa. Jepang dalam waktu dasawarsa 1960, mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang kesudahannya dikembangkan lagi sampai-sampai menjangkau nyaris seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.

Macam dan Jenis Kereta Api

1. Kereta Api Monorel
Kereta api monorel (kereta api rel tunggal) ialah kereta api yang jalurnya tidak laksana jalur kereta yang biasa dijumpai. Rel kereta ini melulu terdiri dari satu batang besi. Letak kereta api didesain menggantung pada rel atau di atas rel. Karena efisien, seringkali digunakan sebagai perangkat transportasi kota terutama di kota-kota metropolitan dunia dan dirancang serupa seperti jalan layang.

Kalau suatu kota di bina dengan lintas layang atau bawah tanah, maka tidak terdapat pintu perlintasan kereta api, sampai-sampai jadwal kereta api dapat 1,5 - 2 menit sekali laksana yang terjadi di Jepang. Oleh sebab tersebut KRL di Jakarta tidak barangkali dioperasikan tidak cukup dari 10 menit, sebab masih terdapat pintu perlintasan kereta api, akibatnya pun setiap susunan KRL tidak jarang kali penuh.

2. Kereta Api Konvensional
Kereta api rel konvensional ialah kereta api yang umum dijumpai. Menggunakan rel yang terdiri dari dua batang besi yang di taruh di bantalan. Di wilayah tertentu yang memliki tingkat elevasi curam, dipakai rel bergerigi yang ditaruh di tengah tengah rel itu serta memakai lokomotif eksklusif yang mempunyai roda gigi.

Kereta tersebut berbahan bakar batubara, uap serta diesel dan familiar berisik terlebih kereta api yang memerlukan pembuangan uap yang tidak jarang membunyikan suara khas kereta api yang memekikkan telinga.

3. Kereta Api Bawah Tanah (Subway)
Kereta api bawah tanah ialah kereta api yang berlangsung di bawah permukaan tanah (subway). Kereta jenis ini di bina dengan membina terowongan-terowongan di bawah tanah sebagai jalur kereta api. Umumnya dipakai pada kota kota besar (metropolitan) laksana New York, Tokyo, Paris, Seoul dan Moskwa.

Selain tersebut ia juga dipakai dalam skala lebih kecil pada wilayah pertambangan. Biaya yang dikeluarkan paling mahal sekali, sebab sering menjebol 20m di bawah permukaan, kali - bangunan maupun jalan, yakni 7 kali lipat dari pada kereta permukaan. Misalnya bila untuk membina dengan jarak yang sama guna permukaan memerlukan $ 10 juta, maka yang di bawah tanah membutuhkan $ 70 juta.

Di Jepang pembangunan lintas subway dibuka sudah sejak tahun 1905.Jakarta rencananya bakal dibangun subway segmen Dukuh Atas ke Kota dari Proyek MassTransit Jakarta.

Video Membuat Kereta Api Mainan dari Lego Block

Demikian pembahasan pada tulisan sekarang ini mengenai bagaimana cara membuat kereta api mainan dari lego block simpel dan mudah, semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon