Cara Membuat Becak Mainan dari Lego Block - DIY

Cara membuat becak mainan dari lego block DIY untuk mainan anak-anak sederhana dan mudah dengan ide-ide kreatif. Sebenarnya mainan lego memiliki beberapa ukuran ada yang kecil, sedang dan besar. Bagi yang suka bermain lego block atau disebut juga balok susun, ikuti video tutorial di channel ini ya. Dalam video ini akan berbagi tutorial tentang bagaimana cara membangun becak sepeda dari lego block. Semoga video ini dapat menghibur, membantu dan bermanfaat bagi yang ingin membuat mainan becak dari lego block.

Cara Membuat Becak Mainan dari Lego Block - DIY

Becak ialah adalah sebuah mode transportasi yang memiliki roda tiga, lazimnya dijumpai di Indonesia dan pun di beberapa negara-negara di Asia. Daya muat normal becak ialah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Becak ternyata berasal dari Jepang.

Cara Membuat Becak Mainan dari Lego Block

Kemunculan kendaraan beroda tiga yang ditarik dengan tenaga manusia tersebut kesatu kalinya melulu kebetulan. Tahun 1869, seorang lelaki Amerika yang menjabat penolong di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jepang berjalan-jalan merasakan pemandangan Kota Yokohama. Suatu ketika dia beranggapan bagaimana teknik istrinya yang kakinya cacat dapat ikut berjalan-jalan? Tentu dibutuhkan sebuah kendaraan. Kendaraan itu, pikirnya, tidak usah ditarik kuda karena melulu untuk satu penumpang saja.

Kemudian ia mulai menggambar kereta kecil tanpa atap di atas secarik kertas. Orang-orang Jepang yang menyaksikan kendaraan individu ditarik manusia tersebut menamakannya jinrikisha. Penarik jinrikisha seringkali diberi upah tiap minggu. Lama-lama, jinrikisha unik perhatian masyarakat Jepang, terutama para bangsawan.

Pada tahun 1800 jinrikisha akhirnya hingga ke telinga masyarakat di China. Hingga dalam masa-masa singkat, jinrikisha dikenal sebagai kendaraan individu kaum bangsawan dan kendaraan umum. Kendaraan ini diberi nama rickshaw. Sementara penghelanya dinamakan hiki. Tapi, lama-lama semua pemerhati kemanusiaan di China iba menyaksikan para hiki yang kerja laksana kuda itu.

Mulai 1870 rickshaw dilarang beroperasi di semua jalan-jalan negeri China. tiba-tiba saja selama tahun 1941 guna kesatu kalinya di kota-kota besar di Indonesia hadir becak. Berbeda dengan jinrikisha dan rickshaw yang beroda dua dengan ban mati, becak telah lebih modern. Rodanya tiga dan memakai ban angin, mengemudikannya dikayuh dengan dua kaki.

Kelebihan dan Kekurangan Becak Sepeda

Kelebihan :

1. Tidak mengakibatkan polusi ( ramah lingkungan sebab tidak menerbitkan emisi karbon monoksida yang dominan  negatif untuk lingkungan sekitar

2. Nyaman

3. Murah

4. Tanpa suara

Kekurangan :

1. Memakan masa-masa lama hingga tujuan

Pada tahun 1930 becak berkembang di India dan Pakistan. Dan mula tahun 1940-an becak mulai dikenal di Singapura, Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Tetapi menurut keterangan dari Jawa Shimbun terbitan 20 Januari 1943 menyinggung bahwa becak diperkenalkan dari Makassar ke Batavia Akhir 1930.

Dilihat dari daftar perjalanan seorang wartawan Jepang ke sekian banyak  daerah di Indonesia, tergolong Makassar. Dalam daftar berjudul “Pen to Kamera” terbitan 1937 tersebut disebutkan, becak ditemukan orang Jepang yang bermukim di Makassar, mempunyai nama Seiko-san yang mempunyai toko sepeda.

Karena penjualan seret, pemiliknya memutar otak supaya tumpukan sepeda yang tak terjual dapat dikurangi. Dia menciptakan kendaraan roda tiga, dan terciptalah Becak. Sebetulnya nama becak sendiri berasal dari bahasa Hokkien yakni : Be Chia "kereta kuda".

Video Membuat Becak Mainan dari Lego Block
Demikian pembahasan pada tulisan sekarang ini mengenai bagaimana 
cara membuat becak mainan dari lego block DIY simpel dan mudah, semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon