Cara Membuat Odong Odong Mainan dari Lego Block - DIY

Cara membuat odong odong mainan dari lego block DIY untuk mainan anak-anak sederhana dan mudah dengan ide-ide kreatif. Sebenarnya mainan lego memiliki beberapa ukuran ada yang kecil, sedang dan besar. Bagi yang suka bermain lego block atau disebut juga balok susun, ikuti video tutorial di channel ini ya. Dalam video ini akan berbagi tutorial tentang bagaimana cara membangun odong-odong dari lego block. Semoga video ini dapat menghibur, membantu dan bermanfaat bagi yang ingin membuat mainan odong odong dari lego block.

Cara Membuat Odong Odong Mainan dari Lego Block - DIY

Odong-odong adalahsarana permainan masyarakat urban kalangan menengah ke bawah, dan tidak sedikit digemari oleh anak-anak di dekat lingkungan padat kompleks di perkotaan. Odong-odong yang pada tadinya muncul di kota Jakarta, lantas dalam perkembangannya meluas ke pinggiran kota dan daerah-daerah lain.

Cara Membuat Odong Odong Mainan dari Lego Block

Sarana permainan odong-odong menjadi komoditi ekonomi masyarakat urban sebagai wiraswasta musiman serta berelasi dengan desain. Penelitian ini mengusung pertumbuhan tren permainan odong-odong dan pertumbuhan pemanfaatan teknologi yang mengakibatkan adanya evolusi desain sarana permainan odong-odong yang disukai masyarakat urban di perkotaan.

Tujuannya ialah mengetahui ragam format dan faedah sarana permainan odong-odong yang diprovokasi oleh keperluan masyarakat urban sebagai pemakainya dan mengetahui pengaruh teknologi dan pemanfaatannya terhadap perubahan format desain dan faedah sarana permainan odong-odong. Metode riset ini ialah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan desain. Dengan pendekatan ini, kajian dilaksanakan melalui analisis pertumbuhan desain dan teknologi sarana permainan odong-odong dalam relasinya dengan kondisi sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat urban.

Macam dan Jenis Odong Odong

1. Berbentuk komedi putar.
2. Berbentuk kereta api.
3. Berbentuk becak.
4. Berbentuk kincir atau wind mollen.
5. Berbentuk jungkat jungkit.

Desain sarana permainan odong-odong diciptakan untuk pemenuhan faedah produk, baik faedah primer, faedah sekunder, dan faedah tersier. Konsep form follows function menjadi dasar desain sarana permainan odong-odong ini, sehingga format berkaitan langsung dengan faedah dan manfaat produk untuk menjangkau tujuan kegunaan untuk pemakai semaksimal mungkin.

Odong-odong ialah salah satu jenis permainan guna anak-anak balita umur 1-5 tahun. Jenis permainan ini tercipta dari sebuah susunan kereta panjang dengan ditambahkan saldo limbah mainan anak, lantas dirangkai dan di gerakan dengan memakai rantai sepeda dengan teknik di kayuh.

Permainan ini hadir sekitar tahun 2008 akhir dan sangat disukai oleh anak-anak yang bermukim di komplek maupun perkampungan. Jika mengharapkan naik odong-odong, melulu mengeluarkan duit sebesar Rp 1.000 anak-anak dapat merasakan hiburan buaian odong-odong sambil memperhatikan musik anak-anak yang diputar. Bagi 3 lagu anak-anak yang diputar secara berurutan, melulu dikenai ongkos Rp 1.000 rupiah saja.

Modal duit yang digunakan untuk menciptakan sebuah permainan odong-odong tidaklah mahal, di samping itu melulu membutuhkan tenaga guna menggerakan odong-odong tersebut. Permainan ini sekarang mulai merambah ke tiap wilayah di Indonesia, dan seringkali mereka berkeliling pada ketika pagi hari maupun senja hari di ketika anak-anak sedang bermain di luar rumah. Biar bagaimanapun bangsa ini berutang budi dengan pencipta permainan odong-odong ini.

Odong-odong mulai marak sekira tahun 2012 akhir tetapi entah siapa penemunya. Meski demikian konon katanya odong-odong ini terinspirasi dari kesenian asal Kabupaten Subang yakni Sisingaan‎.

Video Membuat Odong Odong Mainan dari Lego Block

Demikian pembahasan pada tulisan sekarang ini mengenai bagaimana cara membuat odong odong mainan dari lego block simpel dan mudah, semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon